Kamis, 26 Januari 2017

PRODUK KERAJINAN FUNGSIONAL DARI BAHAN LIMBAH

 PENGERTIAN
Produk fungsional merupakan produk yang lebih mementingkan nilai guna benda atau fungsi benda. Produk fungsional dibuat untuk digunakan membantu kegiatan manusia dalam kegiatan sehari-hari. Sangat banyak kegiatan yang dilakukan manusia dari pagi hingga malam hari misalnya kegiatan makan, mandi, tidur, masak, membersihkan rumah, bercocok tanam. Salah satu kegiatan dasar manusia adalah makan. Kegiatan makan didahului dengan mempersiapkan makanan atau memasak. Kegiatan memasak membutuhkan produk-produk fungsional yang digunakan untuk memasak. Kegiatan selanjutnya adalah penyajian serta kegiatan makan. Beragam produk fungsional dibutuhkan untuk penyajian makanan dan kegiatan makan.
JENIS PRODUK KERAJINAN FUNGSIONAL
a.       FASHION
Produk fungsional yang berkaitan dengan gaya hidup (lifestyle) dan fashion pada umumnya memiliki estetika lebih tinggi daripada produk fungsional yang tidak terkait dengan gaya hidup.
b.      NONFASHION
Produk fungsional nonfashion adalah produk fungsional yang lebih mengutamakan nilai fungsi daripada nilai estetik.
UNSUR UNSUR PEMBUATAN KERAJIANA FUNGSIONAL
1. Unsur Estetika
Pengertian unsur estetika adalah nilai-nilai estetis yang menyertai sebuah karya seni. Pengertian unsur estetika sering kita kenal dengan istilah keindahan.  Keindahan juga diartikan sebagai pengalaman estetis yang diperolah ketika seseorang mencerap objek seni atau dapat pula dipahami sebagai sebuah objek yang memiliki unsur keindahan.  Nilai-nilai keindahan (estetik) atau keunikan karya seni memiliki 4 prinsip yaitu : kesatuan (unity), keselarasan (harmoni), keseimbangan (balance), dan kontras (contrast) sehingga menimbulkan perasaan haru, nyaman, bahagia, nikmat, agung, ataupun rasa senang.

2. Unsur Ergonomis
Pengertian unsur ergonomis pada produk kerajinan aspek fungsi menepati porsi utama atau karya kerajinan selalu dikaitkan dengan aspek fungsi atau kegunaan.Adapun unsur ergonomis karya kerajinan adalah sebagai berikut :
  1. Keamanan (security) adalah jaminan tentang keamanan orang menggunakan produk kerajinan tersebut. Setiap produk kerajinan tidak semuanya aman digunakan. Maka dari itu sebelum kita membeli suatu kerajinan kita harus memilih-milih produk kerajinan yang aman dan efisien untuk digunakan, serta kerajinan tersebut tidak gampang rusak.
  2. Kenyamanan (comfortable) adalah kenyamanan apabila produk kerajinan tersebut digunakan. Barang yang enak digunakan disebut barang terap. Produk kerajinan terapan adalah produk kerajinan yang memiliki nilai praktis yang tinggi.
  3. Keluwesan (flexibility) adalah keluwesan penggunaan. Produk kerajinan adalah produk terap atau pakai, yaitu produk kerajinan yang wujudnya sesuai dengan kegunaan atau terapannya. Produk kerajinan terap atau pakai dipersyaratkan memberi kemudahan dan keluwesan penggunaan agar pemakai tidak mengalami kesulitan dalam penggunaanya.


CONTOH GAMBAR



Image result for kerajinan fungsional 

Image result for kerajinan fungsional





Tidak ada komentar:

Posting Komentar